Pertimbangan Memilih Console Atau PC

Pertimbangan Memilih Console Atau PC

Pertimbangan memilih console atau pc sebeb konsol PS5 dipasarkan dengan harga Rp13-14 juta, dan Xbox Seri X dipasarkan pada harga 10 juta-an.

Tetapi, bila tahun ini suplai ke-2 tipe konsol itu telah konstan, harga jual di Indonesia dapat terpangkas sampai hampir setengahnya.

Pertimbangan Untuk Memilih Game Console Atau PC

Nah, menariknya, ada beberapa gamer di dunia yang kemungkinan sedang bingung untuk pilih ke-3 tipe tehnologi itu. Pada umumnya, pertempuran di antara konsol dan PC (individual computer) memang jadi bentrokan kekal yang tidak juga selesai.

Baca Juga: Situs Untuk Membuat CV Online

Apa kamu adalah gamer yang bingung saat menentukan dan tentukan ke-3 nya? Agar tidak salah tentukan, seharusnya kamu baca lebih dulu artikel ini sampai habis.

Factor Harga

Baik itu PS5 dan Xbox Seri X, ke-2 nya memberikan tehnologi mesin yang hampir sama. Tetapi, dalam banyak hal, Xbox Seri X lebih baik karena mempunyai kecepatan processor semakin tinggi daripada kompetitornya itu.

Begitupun dalam soal GPU, ke-2 konsol mampu hasilkan performa optimal sejumlah 10 teraflops untuk PS5 dan 12 teraflops untuk sang kotak hitam.

Bila PC ingin berkompetisi dengan kemampuan PS5 dan Xbox Seri X, dia harus memperhatikan banyak hal:

  • Prosesor untuk PC yang sama dengan ke-2 konsol terkini ialah AMD Ryzen 7 3700X dengan harga Rp5,8 juta.
  • VGA untuk PC yang sama dengan GPU dari ke-2 konsol itu ialah Radeon RX 5700 XT. Adapun, VGA ini dipasarkan pada harga Rp7,8 juta.
  • Memori RAM sejumlah 16 GB untuk PC dapat didapat dengan harga Rp1,3 juta. Harga dapat berlainan bergantung pada brand-nya.
  • Motherboard diperlukan oleh semua PC. Adapun, tehnologi yang mampu jalankan performa PC kelas menengah atas ialah ASRock B550M-HDV dengan harga Rp1,3 juta.
  • Memori intern atau SSD sejumlah 1 TB rerata dipasarkan pada harga Rp2,5 juta.
  • Perangkat-perangkat yang lain, seperti kipas, casing PC, mouse, keyboard, monitor, power suplai, dan lain-lain yang kemungkinan dapat capai 5 juta-an.

Bila ditambah lagi OS Windows 10 dengan harga Rp1,5 juta-an, keseluruhan untuk membuat sebuah PC sama dengan konsol terkini ialah Rp25 juta dan kemungkinan justru lebih. Pasti, harga ini masih semakin lebih mahal daripada harga Xbox Seri X atau PS5.

Dalam masalah ini, Xbox Seri X jadi yang paling depan karena harga yang termurah, yaitu Rp 10 juta-an. Ini juga ditegaskan akan turun bila suplai barang konstan.

Beli konsol sudah pasti tidak disibukkan untuk membuat bermacam jenis piranti seperti beli sebuah PC. Nah, bila harga ialah hal sebagai fokusmu, Xbox Seri X dapat kamu tentukan untuk temanimu tiap akhir minggu.

Pertimbangan Console Atau PC Secara Fungsionalitas

Dengan PC dengan harga 25 juta-an ataupun lebih, tentu saja kamu dapat lakukan apa saja yang terkait dengan gaming dan pekerjaan. Bila masih ada dana lebih, kamu dapat tingkatkan performa dengan VGA yang lebih berkualitas. Untuk permasalahan pekerjaan, PC dan netbook tetap jadi yang paling depan dalam soal fungsionalitas.

Konsol, sehebat apa saja benda itu, masih mempunyai kebatasan fungsionalitas. Sudah pasti kamu tidak segera dapat menuntaskan beberapa tugas kantor dengan sebuah konsol. So, bila kamu mempunyai dana lebih dan inginkan sebuah performa dan peranan yang kompleks, pilih PC karena benda itu menjadi dunia ke-2 mu.

Factor Umur Penggunaan

Dalam masalah ini, harus dianggap konsol lebih baik daripada PC. Bagaimana tujuannya? Sama seperti yang kita kenali, Sony selalu menukar kosolnya dengan keluaran terkini tiap 6–7 tahun sekali. Dalam bentang 7 tahun, gamer akan disuguhi pengalaman bermain yang paling intensif dan komplet.

Bahkan juga, bakal ada tambahan waktu sepanjang 1–2 tahun untuk pengembang game untuk selalu meningkatkan game terkini mereka di konsol yang lama. Microsoft juga teratur menukar konsol mereka tiap sekian tahun sekali. Bila ditotal, seorang gamer konsol dapat nikmati waktu secara up-date sepanjang 9 tahun sarat dengan konsol mereka.

Ini susah diraih oleh PC. Jangankan 9 tahun, dalam satu tahun saja, telah ada banyak sekali piranti terkini dengan kekuatan jauh melebihi PC awalnya. Maka bila kamu beli PC dengan harga 25 juta rupiah sekarang ini, PC itu akan ketinggal jaman pada 5–6 tahun mendatang.

Nah, bila kamu mengutamakan waktu atau umur gunakan secara optimal, pilih konsol. Baik itu PlayStation atau Xbox, ke-2 nya mempunyai waktu atau umur yang lumayan lama, yaitu 6–9 tahun. Kurun waktu ini ialah sebuah babak yang lumayan lama untuk kamu yang hoby mainkan game.

Factor Kelengkapan Judul Game

PC unggul dalam masalah ini. Tetapi, bukan bermakna judul game untuk PlayStation 5 atau Xbox Seri X terlalu sedikit. Harus dianggap jika jumlah judul game pada PC banyak. Kamu dapat menemui banyak game PC bikinan pengembang-pengembang luar biasa dan pengembang pemula.

Bahkan juga, beberapa pemain game di PC dapat pilih game mana yang sesuai kekuatan PC kepunyaannya. Pada intinya, makin hebat sebuah PC, makin banyak juga judul game yang dapat dimainkan. Luar biasanya kembali, untuk beberapa judul game multiplatform, grafis yang diperlihatkan di PC terkadang lebih bagus daripada PS5 dan Xbox Seri X.

Oh iya, komune gamer PC kelihatannya semakin banyak daripada komune konsol. Dengan tergabung di komune itu, kamu dapat memodifikasi (mod) pada banyak game PC kegemaranmu. Hal unik ini benar-benar susah didapat oleh gamer konsol. Satu kembali, harga game original PC tentu saja tambah murah daripada game konsol, seperti dicatat dalam situs Gaming Scan.

Ringkasan Pertimbangan Console Atau PC

Bila kamu inginkan ongkos yang murah dan kualitas hardware yang berkualitas, Xbox Seri X dapat kamu tentukan. Produk asal Amerika Serikat itu populer kuat dan sanggup menyajikan banyak game dengan kualitas grafis oke. Apa lagi jika kamu memang senang dengan beberapa produk bikinan Negeri Paman Sam, kotak hitam bikinan Microsoft itu dapat dipinang daripada PC.

PlayStation 5 dapat diputuskan bila kamu menyenangi banyak game terbatas yang diutamakan untuk PlayStation. Pada harga yang lebih logis daripada PC, ditambah lagi waktu atau umur gunakan yang dapat capai 9 tahun, PS5 bisa menjadi opsi pas untukmu. Bila kamu ialah orang yang tidak senang repot dengan kesukaran membuat PC, kamu perlu pilih konsol.

Nah, bila kamu memandang fungsionalitas di atas segala hal, ditambahkan bila kamu mempunyai dana lebih, PC dapat kamu tentukan. Dengan dana Rp25–30 juta, sebuah PC akan mampu melayanimu dalam bekerja, bermain game, dan beraktivitas media berat yang lain. Tetapi, harus dikenang jika PC makin lebih gampang cepat kedaluwarsa dibanding dengan konsol.

Itu beberapa point utama yang perlu kamu lihat saat sebelum putuskan beli konsol atau PC. Tetapi, untuk sekarang ini, kemungkinan seharusnya kamu tidak perlu tergesa-gesa dalam beli konsol atau tingkatkan kekuatan PC kamu.